Penyebab Fraud

Banyak ahli yang telah meneliti, penyebab orang melakukan fraud. Pada kesempatan ini, saya akan mengulas tentang teori-teori penyebab fraud yang telah dikemukakan oleh para ahli.

Fraud Triangle Theory atau Teori Segitiga Kecurangan

Fraud Triangle Theory atau Teori Segitiga Kecurangan ini sebelumnya sudah saya bahas pada pembahasan Pengertian Fraud. Jadi penyebab fraud menurut teori ini adalah karena adanya tekanan (pressure), kesempatan (opportunity), dan rasionalisasi (rationalization). Teori yang dikemukakan oleh Donald R. Cressey ini sangat terkenal yang kemudian dimasukkan ke dalam literatur profesional pada SAS No. 99.

GONE Theory atau Teori GONE

GONE Theory atau Teori GONE ini dikemukakan oleh Jack Bologne yang menjelaskan korupsi disebabkan karena adanya Greed (keserahakan), Opportunity (kesempatan), Needs (kebutuhan), dan Expose (pengungkapan).

Keserahakan adalah sifat dasar manusia yang dimiliki oleh setiap manusia. Sifat ini merupakan faktor dasar penyebab yang melekat pada individu yang melakukan fraud.

Kesempatan adalah kondisi suatu organsasi, instansi, atau masyarakat yang dalam keadaan tertentu membuka kesempatan untuk melakukan tindakan fraud.

Kebutuhan erat kaitannya degan individu-individu untuk menunjang kehidupannya secara layak.

Pengungkapan merupakan faktor yang erat kaitannya dengan konsekuensi yang akan diterima oleh pelaku fraud jika perbuatannya terungkap. Jika aparat penegak hukum lemah dalam pengungkapan fraud maka pelaku fraud akan merasa lebih aman dalam melakukan tindakannya.

CDMA Theory

Teori  ini dikemukakan oleh Robert Klitgaart dan sering disebut dengan CDMA Theory . Teori ini sering digambarkan dengan rumus C=Discretion+Monopoly-Accountability.

Rumus tersebut menjelaskan bahwa fraud terjadi karena kekuasan dan monopoli kebijakan oleh orang yang berkuasa, namun tidak diimbangi oleh akuntabilitas atau pertanggungjawaban yang baik.

 

1 thought on “Penyebab Fraud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: