Pengertian Audit Internal

close up hand of Business man busy at office desk on Notebook and documents working , business concept

Pengertian Audit Internal menurut American Accounting Association (AAA) merupakan proses sistematis untuk secara objektif memperoleh dan mengevaluasi asersi mengenai tindakan dan kejadian-kejadian ekonomis untuk meyakinkan derajat kesesuaian antara asersi ini dengan kriteria yang ditetapkan dan mengomunikasikannya ke pengguna yang berkepentingan.

Institut of Internal Auditors (IIA) mendefinisikan bahwa internal audit ialah kegiatan yang independen dan objektif beserta konsultasi yang disusun untuk meningkatkan nilai dan opersional organisasi/perusahaan. Internal audit dapat mendukung organisasi/perusahaan dalam pencapaian tujuannya dengan cara pendekatan yang terstruktur dan disiplin, pendekatan internal audit tersebut dilakukan dengan cara evaluasi dan meningkatkan keefektifan manajemen resiko, pengendalian dan proses tata kelola.

Sementara itu pengertian audit internal berdasarkan Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI) yang dikeluarkan oleh Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI), Audit intern adalah kegiatan yang independen dan obyektif dalam bentuk pemberian keyakinan (assurance activities) dan konsultansi (consulting activities), yang dirancang untuk memberi nilai tambah dan meningkatkan operasional sebuah organisasi (auditi). Kegiatan ini membantu organisasi (auditi) mencapai tujuannya dengan cara menggunakan pendekatan yang sistematis dan teratur untuk menilai dan meningkatkan efektivitas dari proses manajemen risiko, kontrol (pengendalian), dan tata kelola (sektor publik).

Baca juga: Pengertian Audit

Dari pengertian di atas dapat kita ambil kesimpulan sebagai berikut:
  • Kata Internal dalam Internal Audit menujukkan bahwa audit ini dilakukan sendiri oleh entitas/organisasi tersebut.
  • Walaupun dilakukan secara internal namun audit harus tetap dilakukan secara independen dan objektif.
  • Bentuk audit internal dapat berupa pemberian keyakinan (assurance) dan konsultasi (consulting).
  • Kegiatan Assurance dilakukan dengan memberikan penilaian/pendapat objektif terkait dengan suatu entitas/organisasai, operasi, fungsi, proses, sistem, dan subjek lainnya. Dalam Audit internal pemerintah kegiatan assurance ini terdiri dari audit, reviu, monitoring, dan evaluasi.
  • Kegiatan consulting dilakukan dengan memberikan saran atau bentuk lainnya berdasarkankesepakatan antara auditor dengan auditan.
  • Tujuan dari internal audit adalah untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan operasional organisasi/perusahaan. Audit internal juga bertujuan untuk membantu organisasi/perusahaan untuk mencapai tujuannya yaitu dengan cara menilai dan meningkatkan manajemen risiko, pengendalian, dan tata kelola.

Demikian penjelasan terkait dengan audit internal, semoga bermanfaat.

 

Hubungi saya melalui email admin@auditormuda.com untuk memberikan saran dan masukan. 

1 thought on “Pengertian Audit Internal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: