Tujuan Pelaporan Keuangan Pemerintah

Tax icons isometric set with internal revenue service time calculation elements vector illustration

Secara umum tujuan pelaporan keuangan oleh adalah untuk menyediakan informasi yang relevan tentang posisi keuangan dan seluruh transaksi yang terjadi di entitas tersebut dalam satu periode pelaporan. Laporan keuangan memiliki beberapa fungsi, yaitu menilai kondisi keuangan, mengevaluasi mengenai efektivitas dan efisiensi suatu entitas pelaporan, mengetahui nilai sumber daya ekonomi yang dimanfaatkan dalam pelaksanaan kegiatan operasional pemerintahan, dan membantu menentukan ketaatannya terhadap peraturan perundang-undangan.

Setiap entitas pelaporan wajib untuk melaporkan semua yang telah dilaksanakan dalam mencapai pelaksanaan kegiatan secara sistematis dan terstruktur pada suatu periode pelaporan. Hal ini sangat penting dalam kaitannya untuk keperluan:

  1. Akuntabilitas, yaitu untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya serta pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepada entitas pelaporan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara periodik.
  2. Manajemen, yaitu untuk membantu para pengguna laporan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan suatu entitas pelaporan dalam periode pelaporan sehingga memudahkan fungsi perencanaan, pengelolaan dan pengendalian atas seluruh aset, kewajiban, dan ekuitas pemerintah untuk kepentingan masyarakat.
  3. Transparansi, yaitu untuk emberikan informasi keuangan yang terbuka dan jujur kepada masyarakat berdasarkan pertimbangan bahwa masyarakat memiliki hak untuk mengetahui secara terbuka dan menyeluruh atas pertanggungjawaban pemerintah dalam pengelolaan sumber daya yang dipercayakan kepadanya dan ketaatannya pada peraturan perundang-undangan.
  4. Keseimbangan Antargenerasi (intergenerational equity); yaitu untuk membantu para pengguna dalam mengetahui kecukupan penerimaan pemerintah pada periode pelaporan untuk membiayai seluruh pengeluaran yang dialokasikan dan apakah generasi yang akan datang diasumsikan akan ikut menanggung beban pengeluaran tersebut.
  5. Evaluasi Kinerja, yaitu untuk mengevaluasi kinerja entitas pelaporan, terutama dalam penggunaan sumber daya ekonomi yang dikelola pemerintah untuk mencapai kinerja yang direncanakan.

Baca juga: Pelaporan Keuangan Pemerintah

Dalam pelaporan keuangan pemerintah seharusnya menyediakan informasi yang memiliki manfaat bagi pengguna dalam melakukan penilaian  akuntabilitas serta membuat suatu keputusan, baik keputusan ekonomi, sosial, maupun politik dengan:

  1. Memberikan informasi mengenai alokasi, sumber serta penggunaan sumber daya keuangan.
  2. Memberikan informasi mengenai cukup tidaknya penerimaan periode berjalan untuk melakukan pembiayaan seluruh pengeluaran.
  3. Memberikan informasi tentang jumlah suatu sumber daya ekonomi yang dimanfaatkan atau digunakan dalam kegiatan entitas pelaporan serta hasil yang dicapai.
  4. Memberikan informasi tentang cara entitas pelaporan melakukan pendanaan seluruh kegiatannya serta mencukupi kebutuhan kasnya.
  5. Memberikan informasi tentang posisi keuangan dan keadaan entitas pelaporan yang berkaitan dengan sumber penerimaan entitas bersangkutan, baik dalam jangka pendek maupun panjang, termasuk yang berasal dari pinjaman dan pungutan pajak.
  6. Memberikan informasi tentang perubahan posisi keuangan entitas pelaporan, baik kenaikan maupun penuruan, sebagai akibat kegiatan yang dilakukan selama suatu periode pelaporan.

Demikian penjelasan terkait dengan tujuan pelaporan keuangan pemerintah, semoga bermanfaat.

1 thought on “Tujuan Pelaporan Keuangan Pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: